Jumat, 16 November 2012

MODUL 1


Modul 1:
1. Microsoft virtual basic 2010 adalah bahasa pemograman dengan integrated Development Inviroment ( IDE ) untuk membuat program perangkat lunak ( software ) yang dibuat oleh Microsoft windows.
( referensi : id. wikipedia org/wiki/visual basic )

2. Visual basic adalah pengembangan dari BASIC ( Beginner’s All purpose Symbplic Intructure code ), dimana yang menciptakannya adalah Professor John Kemeny dan Thomas Eugene Kurts dari Perguruan Tinggi Darmouth pada pertengahan  tahun 1960-an.
( Referensi : id.wikipedia org/ wiki/ visual basic )

3.  Visual basic awal mulanya berkembang dari bahasa Basic ( bahasa pemograman ) yang diciptakan professor John Kemeny dan Thomas Eugene Kurts , kemudian Bill Gates memulai usaha pembuat software menggunakan bahasa Basic untuk altair 8800, kemudian berkembang menjadi Basica  untuk DOS , dan kemudian berkembang lagi menjadi Microsft QuickBasic dan Microsoft Basic  saat ini Basic berkembang menjadi seperti Microsoft QBASIC, QUICKBASIC, GWBASIC, IBM BASICA, Apple BASIC dan lain-lain.
Virtual Basic dikembangkan oleh steve Wozniac , akhirnya basic digunakan oleh perusahhan computer Apple ,Karena popularitasnya berkembang menjadi Visual Basic yang berbasis GUI ( Graphic User Interface ), akhirnya visual Basic berkembang terus sampai versi visual Basic 2010, namun yang terkenal tetap versi Visual Basic 6.0 karena kemudahan membuat program.
( referensi : id. Wikipedia org/ wiki/ visual basic )

4.  Macam macam bahasa pemograman :
a. Bahasa rakitan : adalah bahasa tingkat rendah, program ini menggunakan pola bit-bit atau nomer nomer biner.  Kelebihan : lebih mudah dibaca Karena mengunakaan nomer biner dan dapat diganti dengan mudah hanya dengan mengganti urutan nomer. Kekurangan : bingung menghafal urutan biner Karena terlalu banyak kombinasi angka biner. 
b.                        Bahasa  visual Basic adalah bahasa tingkat tinggi yang digunakan untuk membuat program berupa bahasa inggris sederhana untuk menulis program program computer sederhana. Kelebihan : lebih mudah digunakan karena memakai bahasa inggris, gampang dipelajari Karena banyak sumber sumber untuk belajar seperti internet dan buku, kekurangan : lebih lambat dibanding program lain serta tidak bagus digunakan untuk games.
c. Bahasa pemrogaman C adalah bahsa tingkat menengah yang digunakan untuk mengembangkan system dan jaringan computer serta software aplikasi. Kelebihan : hampir digunakan oleh semua computer, struktur bahasanya baik sehingga mudah dimengerti. Kekurangan : banyaknya operator serta fleksibelitas penulisan program kadang kadang membingungan pemakai, serta penggunaan poiter membuat bingung pemula. 
d.                        Pascal adalah bahasa pemrogaman tingkat tinggi yang digunakan untuk mengajarkan konsep pemrogaman  komputer. Kelebihan : menggunakan struktur bahasa sederhana seperti bahsa inggris sehingga mudah dimengerti, memiliki tipe bahasa yang standart sehingga mudah dimengerti. Kekurangan : tidak fleksibel penggunaanya.
e.                        Java adalah bahasa pemrogaman yang biasa digunakan untuk computer. Kelebihan : dapat digunakan untuk semua system operasi, memiliki program program yang lengkap sehingga mudah dalam membuat software apapun.

5. Macam macam flowchart :
a. Flowchart system yaitu bagan dengan symbol symbol tertentu untuk menggambarkan urutan suatu proses , dari suatu system pengolahan data.
b.                        Flowchart program adalah bagan dengan symbol symbol tertentu untuk menggambarkan urutan sutu proses dari pembuatan suatu program.
( referensi : luky.paramadina.web.id/?wpfb_dl=2 )
6. Komponen pada toolbox :
a. Button berfungsi untuk membuat suatu tombol perintah.
b.                        Checkbox berfungsi untuk membuat kotak check yang dapat digunakan untuk memilih satu atau banyak keadaan.
c. Label berfungsi untuk membuat teks, tapi pemakai tidak bisa berinteraksi dengannya.
d.                        Radiobutton berfungsi untuk membuat/ memilih satu dari beberapa keadaan.
e.                        Pointer merupakan arah petunjuk, digunakan jika anda ingin memilih komponen control yang sudah dipasang di form.
f.  Shape merupakan tool yang digunakan untuk membuat persegi panjang maupun lingkaran.
g. Data merupakan tool untuk menghubungkan database ke form.
h.                        Line merupakan tool untuk membuat garis.
i.   Timer merupakan tool untuk mengatur waktu
j.  Commandbutton merupakan tool untuk membuat tombol ok, cancel dan sebagainya.

7. Tipe tipe Data :
a.Integer, long : digunakan untuk  angka bulat
b.Single, double : digunakan
  untuk angka pecahan/desimal
c.Currency : digunakan untuk
  angka mata uang
d.String : digunakan
  untuk teks
e.Boolean : digunakan logika ( pengambil keputusan )
f.Date : digunakan waktu/tangggal
g.Object : digunakan untuk
  objek misalnya gambar
h.Variant : digunakan variant

8. Algoritma adalah sekumpulan perintah untuk menyelesaikan suatu pekerjaan yang dilakukan secara berurut , berulang dan menetukan keputusan sehingga semua masalah terselesaikan.
9. IDE (integrated Development Inviroment ) adalah suatu program komputer yang digunakan untuk membuat suatu software. Di IDE terdapat tools yang digunakan untuk membuat suatu software.

10.                     Flowchart adalah suatu bagan atau gambar mengenai urutan penyelesaian suatu masalah yang dilambangkan dengan suatu symbol, dimana setiap symbol menyatakan suatu proses pekerjaan.

Flowchart ada 2 :
a. Flowchart system
b.                        Flowchart program.
( referensi : gerlan1986.files.wordpress.com/.../materi-ii-penge... )

0 komentar:

Posting Komentar